'SHERLOCK HOLMES: A GAME OF SHADOWS', Di Bawah Bayang-Bayang


'SHERLOCK HOLMES: A GAME OF SHADOWS', Di Bawah Bayang-Bayang
© Warner Bros.
Pemain: Robert Downey, Jr., Jude Law, Noomi Rapace, Jared Harris, Stephen FryRating: 3,5 star
Sinopsis
Tak ada yang menyangsikan kalau Sherlock Holmes (Robert Downey Jr) adalah detektif paling cerdik di muka bumi. Tak ada penjahat yang bisa lolos begitu saja kalau Sherlock sudah turun tangan. Tapi kali ini berbeda. Yang dihadapi Sherlock Holmes bukanlah penjahat biasa. Ia cerdik dan yang lebih menakutkan lagi, penjahat ini tak ragu-ragu mengorbankan banyak nyawa.
Penyelidikan Sherlock Holmes berawal ketika ia yakin kalau kematian pewaris tahta Austria yang baru saja terjadi bukanlah sesuatu yang wajar. Sherlock yakin pria malang ini dibunuh. Penyelidikan pun dimulai dan kali ini Sherlock tak hanya ditemani Dr Watson (Jude Law) tapi juga Mycroft Holmes (Stephen Fry), saudara Sherlock.
Semakin jauh Sherlock menyelidiki, mulai muncul beberapa petunjuk. Salah satu petunjuk itu adalah Sim (Noomi Rapace), wanita Gypsy yang ternyata menjadi salah satu kunci dari misteri kematian sang pangeran. Perburuan Sherlock kemudian membawa detektif ini ke Perancis, Jerman bahkan Swiss namun Professor Moriarty (Jared Harris) sepertinya jauh lebih licin dari perkiraan Sherlock.
Review
Sukses secara komersil sekaligus mampu meraih simpati para kritikus memang jadi jaminan sebuah film bakal dibuatkan sekuel. Yang tidak bisa dijadikan jaminan adalah soal mengulang sukses dari film pertama. Banyak film yang gagal namun untungnya SHERLOCK HOLMES: A GAME OF SHADOWS tidak termasuk golongan ini.
Guy Ritchie tetap menggunakan formula yang sama dalam menggambarkan Sherlock Holmes. Kalau di bagian pertama dulu bisa jadi Guy sedikit ragu-ragu kini sutradara Inggris ini jadi lebih percaya diri. Hal yang sama terjadi pada Robert Downey Jr yang masih tetap dipercaya memerankan Sherlock Holmes. Rasanya kali ini Downey jadi lebih santai dan bisa berakting dengan lebih leluasa.
Tak banyak perubahan yang terjadi pada karakter Sherlock Holmes dan Dr Watson, kecuali kali ini Jude Law jadi sedikit lebih gugup namun ini bisa dimaklumi mengingat kondisi mental Dr Watson yang akan segera menikah. Munculnya karakter Mycroft Holmes yang diperankan oleh Stephen Fry dan Sim yang diperankan oleh Noomi Rapace juga semakin memperkaya warna film ini. Sayang Jared Harris sepertinya kurang pas memerankan sosok Professor Moriarty.
Sebagai pelengkap, sajian visual hasil rekaan Guy Ritchie yang diwujudkan oleh tim special effect juga sangat efektif dan menambah mantap alur kisah yang kali ini dibuat lebih solid bila dibanding dengan bagian pertama dulu.(kpl/roc)
Genre:Action
Release Date:December 16, 2011
Director:Guy Ritchie
Screenplay:Kieran Mulroney, Michele Mulroney
Producer:Joel Silver, Lionel Wigram, Susan Downey, Dan Lin
Distributor:Warner Bros.
Runtime:128 minutes
Budget:US$140 million
Official Site:sherlockholmes2.warnerbros.com
Trailer Film SHERLOCK HOLMES: A GAME OF SHADOWS


By kapanlagi.com