Cara Hentikan Messi Versi Legenda Italia

Lionel Messi /Daylife
Lionel Messi /Daylife

MADRID - Mantan pemain internasional Italia Claudio Gentile percaya bahwa Real Madrid harus menerapkan strategi man marking guna menempel pergerakan bintang Barcelona Lionel Messi.

Madrid akan menjamu Barcelona pada Minggu (11/12/2011) dini hari WIB dalam lanjutan kompetisi La Liga Spanyol. Gentile merasa, jika Los Merengues ingin memenangkan laga bertajuk El Clasico itu, syaratnya Messi harus dikawal ketat.

Gentile sendiri terkenal sebagai pemain yang agresif saat mengawal striker lawan, seperti yang dilakukannya pada Diego Maradona di Piala Dunia 1982. Mantan bintang Juventus ini merasa, cara yang sama akan efektif untuk menghentikan Messi.

“Anda harus menerapkan man-mark kepada Messi jika Anda ingin membuatnya tak berkutik sepanjang pertandingan. Namun, saat ini pemain tidak lagi menggunakan cara itu untuk mengawal pemain tertentu. Hari ini, semua tim menggunakan zona marking. Anda tidak dapat mempelajari bagaimana menerapkan man-marking pada pemain tertentu dalam tempo satu atau dua hari,” terang Gentile seperti dilansir Goal, Sabtu (10/12/2011).

“Pada masa saya, ada banyak duel di sepanjang pertandingan. Anda akan sulit melihat hal itu lagi saat ini. Spektakuler melihat Messi bermain, tapi saya suka berpikir tentang bagaimana bertahan sebagai cara untuk menghentikan pergerakannya dan mencegah situasi berbahaya bagi tim saya. Tim saat ini sudah menyerah ketika mereka melihat Messi,” tukasnya.

Akhir pekan ini, Madrid yang kini berada di puncak klasemen bakal menjamu Blaugrana yang menempati peringkat kedua klasemen sementara La Liga, dalam pertandingan yang akan digelar di stadion Santiago Bernabeu.(bola.okezone.com)