Wenger: Tersingkirnya United Sebuah Kecelakaan

Foto: Arsene Wenger/Getty Images
Foto: Arsene Wenger/Getty Images

LONDON - Jika banyak kalangan menanggapi ketus kegagalan Manchester United lolos ke babak 16 besar Liga Champions, pelatih Arsenal Arsene Wenger justru memberikan komentar yang sedikit menenangkan kubu Setan Merah. Wenger menyebut kegagalan United musim ini tak ubahnya sebuah kecelakaan yang bisa dialami klub mana pun.

United harus meratapi nasib harus terhenti langkahnya di fase grup, lantaran dibekuk FC Basel 1-2 pada matchday pamungkas penyisihan grup, Kamis (8/12/2011) dini hari kemarin. Menempati posisi tiga di akhir penyisihan, anak-anak asuh Sir Alex Ferguson harus menerima kenyataan turun kasta ke Europa League.

Hasil ini sontak membuat publik Inggris terkejut. Berbagai kritikan pun ramai dialamatkan kepada Ferguson yang dinilai terlalu berani memberikan kepercayaan kepada para pemain muda yang musim ini mendominasi skuad United. Ferguson sendiri tidak bisa melontarkan pembelaan selain menerima hasil ini dengan lapang dada.

Namun di tengah kritikan yang deras menimpa pelatih kawakan Skotlandia tersebut, Wenger yang merupakan sahabat sekaligus rival Fergie, melontarkan rasa simpatinya.

“Saat Anda tersingkir dari Liga Champions, tentu itu menyisakan kekecewaan besar. Tapi, setiap tim meresponnya dengan cara yang berbeda,” tutur Wenger sebagaimana dikutip ITV, Jumat (9/12/2011).

“Anda pasti ingin bermain di Liga Champions, tapi selalu ada risiko di mana tim Anda bakal gugur di level tertentu. Anda harus berani menerima kekecewaan, dan itulah salah satu bagian dari sebuah tim besar,” sambungnya.

“Meski gugur, kita tidak boleh melupakan Manchester United yang tiga kali bermain di final dalam empat tahun terakhir. Jadi, kami harus memandang ini (gugurnya Manchester United) sebagai sebuah kecelakaan,” pungkas The Professor seraya menegaskan kejadian seperti yang diterima United bisa saja menimpa tim mana pun.(bola.okezone.com)