Air Terjun Ban Gioc yang Indah

Detian - Banyue Falls atau Ban Gioc Falls adalah 2 air terjun di Sungai Xuan Quy di perbatasan Sino-Vietnam, yang terletak di di perbukitan Karst dari Daxing County di prefektur Chongzuo Provinsi Guangxi, di sisi Cina, dan di distrik Trung Khanh, Cao B?Dunia Unik. provinsi di sisi Vietnam, 272 km sebelah utara Hanoi.




air terjun jatuh tiga puluh meter. Hal ini dipisahkan menjadi tiga oleh batu dan pohon, dan efek gemuruh air memukul tebing dapat didengar dari jauh.
Saat ini merupakan air terjun terbesar ke-4 sepanjang perbatasan nasional setelah Iguazu Falls, Victoria Falls, dan Niagara Falls dan merupakan salah satu titik persimpangan untuk tentara China selama Perang Sino-Vietnam.Dunia Unik. Di dekatnya ada Gorge Tongling hanya dapat diakses melalui gua dari jurang sebelah. Penemuan kembali baru-baru ini,disana memiliki banyak spesies tanaman endemik, hanya ditemukan di ngarai, dan digunakan untuk tempat persembunyian oleh bandit lokal untuk menyimpan harta  dan terkadang masih ditemukan di gua-gua tebing.

Sebuah jalan di bagian atas mengarah ke sebuah tablet batu yang menandai keluar perbatasan antara Cina dan Vietnam dalam bahasa Prancis dan Cina. Tapi ada definisi yang jelas dalam dokumen hukum atas demarkasi perbatasan dan penempatan penanda antara administrasi Perancis dan Qing.

Ada kontroversi mengenai demarkasi perbatasan di lokasi yang ditentukan pada tahun 1999 Viet Nam-China Perjanjian tentang Tanah Borderline. Satu faksi menyatakan bahwa keseluruhan ini jatuh milik Vietnam, dan bahwa tablet batu telah dipindah ke sana beberapa waktu lalu selama atau setelah perang Sino-Vietnam 1979.