'MACHINE GUN PREACHER', Berjuang di Jalan Tuhan

'MACHINE GUN PREACHER', Berjuang di Jalan Tuhan
© Lionsgate 
Pemain: Gerard Butler, Michelle Monaghan, Michael ShannonRating: 2 star
Sinopsis
Masa lalu Sam Childers (Gerard Butler) memang buruk. Dulunya ia adalah seorang pengedar obat-obatan terlarang namun sejak ia mengenal Tuhan, seketika itu juga hidupnya berubah. Sam kemudian mengabdikan hidupnya Tuhan. Orang mengenalnya dengan sebutan Machine Gun Preacher.
Sebelum mengabdikan hidupnya untuk Tuhan, Sam Childers adalah seorang biker yang hidupnya akrab dengan kekerasan dan senjata api. Karena bujukan Lynn (Michelle Monaghan), istrinya, Sam Childers mulai mau beribadah dan mendekatkan diri pada Tuhan. Suatu ketika, Sam Childers terpanggil untuk ikut membantu mendirikan panti asuhan di Sudan.
Tak hanya berjuang mendirikan panti asuhan di Sudan, Sam Childers bahkan juga turun tangan ke medan pertempuran melawan Lord's Resistance Army. Kalau dulu Sam Childers menggunakan senjata api untuk kejahatan, sekarang pria asal Pennsylvania ini memanfaatkan keahliannya dengan senjata api untuk tujuan mulia.
Review
MACHINE GUN PREACHER ini adalah film yang diangkat dari sebuah memoir berjudul ANOTHER MAN'S WAR yang ditulis oleh Sam Childers berdasarkan pengalaman pribadinya. Kisah yang ditawarkan memang sangat menakjubkan dan tak heran kalau Hollywood berminat mengangkat kisah ini ke layar lebar.
Marc Foster yang sempat mengerjakan QUANTUM OF SOLACE dipercaya membuat visualisasi dari naskah yang ditulis oleh Jason Keller dan nama Gerard Butler dipasang sebagai pemeran utamanya. Kisahnya sendiri memang sudah sangat menarik dan sepertinya tak akan ada kesulitan membuat versi layar lebarnya. Sayangnya, kisah yang menarik ini jadi terasa mengganjal lantaran dua sisi yang disajikan Marc Forster terasa tak bisa benar-benar menyatu.
Di satu sisi film ini mencoba mengangkat kisah drama tentang pergolakan batin sosok Sam Childers yang memutuskan untuk 'menyeberang' sementara di sisi lain, ada suguhan aksi laga a la Rambo yang ternyata tak bisa sepenuhnya membaur. Masalah lain adalah transformasi Sam Childers yang tak bisa tertuangkan dengan baik di layar kaca. Bisa jadi memang tak mungkin menggambarkan pergolakan batin Sam yang berlangsung begitu cepat tanpa harus jadi bertele-tele.
Terlepas dari kekurangan tadi, Gerard Butler ternyata tetap bermain cemerlang. Bisa jadi, hanya aksi Gerard Butler saja yang masih tersisa untuk dinikmati.(kpl/roc)
Genre:Action
Release Date:September 23, 2011
Director:Marc Forster
Screenplay:Jason Keller
Producer:Robbie Brenner, Deborah Giarratana, Craig Chapman, Gary Safady, Adi Shankar
Distributor:Lionsgate
Runtime:123 minutes
Budget:US$30 Million
Official Site:http://www.machinegunpreacher.org/movie